Bahaya Mengupil Yang Perlu Kamu Ketahui

Posted by Rumah Subsidi Malang




Bahaya Akibat Sering Mengupil Bagi Kesehatan – Bagi banyak orang mengupil adalah kegiatan yang menyenangkan kerap dilakukan setiap orang baik balita, muda, hingga tua yang mana bertujuan untuk membersihkan kotoran di rongga hidung  yang telah mongering. Padahal jika dilakukan terlalu sering mengupil sebenarnya memiliki efek tidak baik yang bisa berbahaya bagi kesehatan seseorang.
Walaupun mengupil merupakan kegiatan yang umum dilakukan orang, akan tetapi bagi daerah tertentu perilaku ini cenderung dirasa tabu karena menimbulkan perasaan jijik dan geli bagi yang melihatnya.
Upil atau kotorang hidung terbentuk dari lendir yang mengering. Dimana pada membran mukosa akan terus menghasilkan lendir basah yang memiliki fungsi dalam menghalangi debu serta benda-benda asing lainnya masuk ke rongga hidung. Nah kotoran hidung inilah yang dapat menyebabkan iritasi dan juga dapat menimbulkan rasa gatal sehingga seseorang mengupil.
Apabila seseorang jarang mengupil maka lendir yang bercampur dengan kotoran dan debu akan semakin mengeras dan menghambat pernapasan pada hidung. Walaupun kegiatan mengupil hal yang mengasikan dan juga dapat membantu membersihkan kotoran pada rongga hidung, tapi keseringan mengupil ternyata juga mengandung bahaya dan dampak negatif bagi kesehatan, antara lain:
Mudah Terkena Flu
Kebiasaan memasukkan jari ke hidung sangat rentan terkontaminasi virus flu dengan melewati selaput lender yang masuk ke hidung sehingga menyebabkan seseorang terkena penyakit flu dan terlebih disebabkan oleh diri sendiri. Gejala yang akan di rasakan dalam waktu kedepan bagi yang sering mengupil bisa saja mengalami flu, gatal pada tenggorokan serta bersin-bersin.
Mimisan
Kebiasaan sering mengupil apalagi jika mengupil terlalu keras dapat menyebabkan cidera pada lapisan hidung yang mana berfungsi perlindungan tubuh dari bakteri dan benda  asing lainnya yang dapat memicu terjadinya mimisan.
Infeksi
Selain terkena virus flu, keseringan mengupil juga dapat menyebabkan bakteri lebih gampang masuk ke dalam hidung serta dapat dengan mudah menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya.
Kerontokan pada Bulu Hidung
Saat anda sering mengupil bulu hidung dapat dengan mudah mengalami kerontokan. Padahal fungsi bulu hidung sangat penting untuk menyaring debu dan polutan di udara sehinga apabila hidung tanpa bulu hidung akan mempermudah jalan bagi segala jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh.
Kematian
Tahukah anda mengupil dapat menyebabkan seseorang meninggal, hal ini didukung oleh fakta bahwa apabila seseorang berusaha mengeluarkan kotoran yang besar dan keras di dalam hidung. Seperti diketahui, di dalam rongga hidung terdapat tulang ethmoid yang memisahkan hidung dari otak. sehingga jika sedang mengupil tidak berhati-hati  dan tanpa sengaja menusuk bagian tulang tersebut, maka cairan di otak dapat bocor serta menyebabkan penyakit meningitis.

Sumber: 
1. http://www.doktercewek.com/bahaya-akibat-sering-mengupil-bagi-kesehatan/
2. http://www.izinshare.com/2015/08/awas-terlalu-sering-mengupil-berbahaya.html

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar