go hye mi dan song sam dong di dream high

Posted by anharul ulum

Drama dream high yang tayang akhir tahun 2010 sampai awal tahun 2011 ternyata tidak membuatku lepas untuk tidak berbicara tentang mimpi. Alur cerita yang menarik serta konflik yang biasa terjadi pada kalangan remaja membuat drama ini dicintai para penontonnya. Bahkan, drama ini akan dibuat sekuelnya. Sebuah cerita drama juga tidak akan lepas dari karakter-karakter para tokohnya. Ada 6 tokoh central dalam
drama ini. Go Hye Mi yang diperankan oleh Suzy Miss A, Song Sam Dong yang diperankan Kim Soo Hyun, Jin Guk / Hyun Shik Hyuk diperankan oleh Taecyeon 2pm, Jason diperankan oleh Wooyoong 2pm, Yoon Baek Hui diperankan oleh Eunjung T-ara, dan Kim Pil Sook diperankan oleh IU. Dari setiap tokoh-tokoh drama itu sendiri mempunyai karakternya masing-masing. Percaya tidak percaya, kadang karakter yang ada di dalam sebuah drama merefleksikan karakter yang ada di dalam diri kita masing-masing. Mungkin ada yang sama persis, mungkin ada yang hanya beberapa. Tapi itu benar-benar terjadi. Disini, aku hanya akan membahas tentang Go Hye Mi dan
Song Sam Dong terlepas dari siapa yang memerankan mereka dan keterkaitannya dengan diriku sendiri.
  • Go Hye Mi
Go Hye Mi. Semua orang tahu siapa dia. Gadis angkuh bersuara emas. Dia mempunyai mimpi untuk menjadi seorang penyanyi klasik. Hye Mi bukan tipe orang yang dapat menyatakan pendapatnya atau mengutarakan pendapatnya secara halus. Jika dia tidak suka, dia akan bilang tidak suka. Jika dia suka, dia akan bilang suka tetapi caranya berbeda. Tidak semua orang menyukai Hye Mi. Sikapnya yang sombong, keras kepala, egois, angkuh, sok berkuasa membuatnya dijauhi. Akan tetapi, pada saat yang bersamaan, Hye Mi juga dikagumi banyak orang. Keindahan suaranya membuatnya tidak lepas dari sorotan orang-orang.
Sebelum bertemu dengan Sam Dong, Jin Guk, Pil Sook, dan Jason, teman Hye Mi hanya satu. Ya, dia adalah Yoon Baek Hui. Kemanapun Hye Mi pergi selalu ada Baek Hui disana. Itulah mengapa Baek Hui selalu dikatakan sebagai Hye Mi pa / Hye Mi’s follower. Untuk orang-orang yang melihat mereka berdua, sikap Hye Mi ke Baek Hui tidak seperti sikap seorang sahabat yang selalu siap untuk saling membantu satu sama lain atau sahabat yang menganggapnya sebagai sahabat. Tidak. Perlakuan sikap Hye Mi ke Baek Hui seperti majikan dengan pembantunya. Baek Hui selalu disuruh ini, disuruh itu, harus seperti ini, harus seperti itu dan apa yang Hye Mi katakan Baek Hui selalu menurutinya.
Sebenarnya bukan itu yang terjadi. Episode pertama Dream High, setelah Hye Mi selesai melakukan konser klasiknya, dia keluar dari gedung dan Baek Hui selalu tepat berada di belakangnya. Ada beberapa gadis disana sedang membicarakan Hye Mi dan Baek Hui. Hye Mi mendatangi mereka karena mereka mengatakan bahwa Baek Hui adalah pengikut Hye Mi. Apa yang dikatakan Hye Mi? “Dia punya nama. Namanya Yoon Baek Hui.” Tentu saja pernyataan itu membuat Baek Hui senang. Bagaimana tidak, seorang sahabat sudah seharusnya membelanya ketika sahabatnya dicela orang bukan? Walaupun Baek Hui sudah mengatakan dia tidak bermasalah dengan panggilan itu, tetap saja itu membuat Hye Mi risih. Walaupun Hye Mi sering berkutat dengan pikirannya, tidak pernah terlihat mendengarkan Baek Hui, sebenarnya Hye Mi mendengarkan.
Suatu ketika Hye Mi memang berada di posisi yang sangat terpojokkan karena hutang-hutang ayahnya. Syarat pertama agar dia bisa melunasi hutang-hutang ayahnya adalah dengan lolos audisi untuk bersekolah di Kirin High School. Hye Mi harus merelakan cita-citanya untuk kuliah di Juliard karena masalah itu. Dan audisinya ia lakukan bersama Baek Hui. Apa yang terjadi disana? Hye Mi yang selama ini selalu berada di kelas unggulan dan selalu dielu-elukan kalah dengan Baek Hui. Apa yang Baek Hui katakan, “Kami datang berdua, melakukan audisi bersama, bernyanyi bersama. Aku tidak mau jika hanya aku yang diterima,”
Hye Mi tidak ingin dirinya dipandang rendah oleh orang lain dan di kasihani. Dia memilih untuk memutuskan persahabatannya dengan Baek Hui untuk bisa masuk ke Kirin dan cepat melunasi hutang-hutang ayahnya. Dan sejak saat itu dia dan Baek Hui menjadi musuh. Semua orang memihak pada Baek Hui. Apa yang dilakukan Hye Mi? Sadar tidak sadar, sebenci-bencinya Hye Mi dengan Baek Hui dia tidak akan pernah sebegitu bencinya dengan Baek Hui. Pada saat Jeong Ah menyindir bahwa Baek Hui lah yang menjatuhkan pot bunga sehingga membuat Sam Dong harus dilarikan ke rumah sakit, Hye Mi tidak mempercayainya. Bahkan Hye Mi membelanya walaupun kata-katanya kasar.
Ketika Baek Hui dan Jin Guk melakukan debutnya, ada perasaan iri yang muncul dari dalam diri Hye Mi. Hye Mi kesal, tapi dengan saran dari Kang Songsaeng, Hye Mi dapat membuat ceritanya sendiri. Dia bekerja keras untuk dapat menjadi seperti yang lain. Berusaha mengubah sikapnya agar dapat diterima oleh orang lain.
Mimpi yang diraihnya bersama kelima anggota dream high yang lain ternyata berujung pada jalan yang berbeda. Mereka berkompetisi dan hanya satu yang dapat bersinar menjadi bintang. Dan Hye Mi tetap pada mimpinya menjadi penyanyi klasik yang terkenal di Korea Selatan walaupun dia bisa meraih yang lebih dari itu.
  • Song Sam Dong
Song Sam Dong. Siapa yang tidak tahu tentang country boy ini? Cowok dengan rambut panjang yang acak-acakan berasal dari salah satu provinsi di korea selatan, tanpa mengikuti audisi dia lolos menjadi salah satu siswa kelas khusus bersama Hye Mi, Jin Guk, dan Pil Sook di Kirin. Apa yang membuatnya lolos? Bakat yang dia miliki ternyata luar biasa. Tanpa mengenal apa itu chord dia dapat membuat sebuah lagu.
Perjalanan Sam Dong mengejar mimpinya juga tidak mudah. Ketika dia tidak dianggap oleh anak-anak lain. Ketika dia harus kehilangan pendengarannya karena penyakitnya. Ketika dia harus memutuskan untuk tetap tinggal di Korea karena cintanya.
Sam Dong bukanlah orang yang mudah putus asa. Dia benar-benar orang yang tidak mau kalah. Dia harus bisa seperti yang lain. Apa yang Jin Guk bisa, dia harus bisa. Apa yang Jason bisa dia juga harus bisa. Dia ingin mencoba semuanya dan tidak ingin membuat orang lain kecewa dengannya.
Sam Dong adalah seseorang yang loyal. Dia selalu ada untuk melindungi Hye Mi. Dia juga peduli pada Jin Guk. Sam Dong sangat menghargai Pil Sook dan Jason. Dan Sam Dong adalah anak yang baik. Dia tidak ingin merepotkan orang lain. Dia selalu memikirkan ibunya.
Seperti yang ada di dalam cerita, perjalanan Sam Dong tidak mudah. Pada awalnya dia menyembunyikan bakatnya dalam bidang musik dari ibunya. Karena ia tidak ingin meninggalkan ibunya. Hidupnya berubah saat ia bertemu Hye Mi. Kirin HS menerimanya sebagai murid kelas khusus bersama Hye Mi dan Jin Guk. Sam Dong awalnya tidak mempercayai Hye Mi, namun, ia mempunyai mimpi untuk menjadi seseorang yang besar, dengan ketidakpastiannya dia mengikuti Hye Mi ke Seoul.
Seperti Hye Mi dan Jin Guk, Sam Dong diperlakukan berbeda oleh teman-teman yang lainnya. Bukan hanya karena dia berasal dari daerah, tetapi karena ia juga salah satu anak dari kelas khusus. Ia dan dua orang temannya sangat terbatas untuk menggunakan ruangan-ruangan yang ada disekolahannya. Oleh karena itu, kelas khusus hanya mempunyai satu ruang kelas dan sebuah ruangan lainnya diluar sekolah. Keterbatasan fasilitas tidak membuatnya berhenti dan menyerah pada mimpinya. Dia terus mengasah apa yang dia punya dan dia tidak menyerah.
Kenyataan terburuk yang diterima Sam Dong adalah ketika dia harus menerima kenyataan bahwa pendengarannya lambat laun akan berkurang. Saat telinganya berdesing, saat itulah dia tidak akan mendengar apapun. Pada awalnya Sam Dong sangat frustasi. Bagaimana dia akan menjadi seorang penyanyi jika dia tidak bisa mendengar. Itulah yang ada dipikiran Sam Dong. Disaat ia jatuh, dia berusaha bangkit tanpa harus melepaskan mimpinya. Dia tidak menyerah pada mimpinya. Bagaimana? Pitch sempurna dapat membantunya. Sayang, Sam Dong tidak terlahir sebagai seseorang yang mempunyai pitch sempurna. Sejak saat itulah dia berusaha untuk mempelajari picth sempurna.
Kang songsaeng pernah berkata pada Sam Dong untuk menyerah saja dari bernyanyi dan bekerja sebagai composer karena picth sempurna tidak bisa dipelajari. Tetapi apa jawaban Sam Dong. Dia tidak mau hanya menjadi seorang composer. Dia tetap ingin bernyanyi. Keinginannya untuk tetap bernyanyi sangat besar. Hingga suatu saat, Hye Mi datang kepadanya dan memberinya sebuah garpu tala. Garpu Tala itu jika di dentingkan akan mengeluarkan Nada A, dengan kemampuan Picth relative yang Sam Dong kuasai, Sam Dong dengan mudah menebak nada nada yang lain. Seperti kata Kang Saem, “Biarkan nada nada itu bercabang seperti pohon” Dengan keinginan yang kuat itulah Sam Dong berhasil bangkit.
Kesungguhannya membuahkan hasil. Sebuah kesempatan yang mengubah seluruh hidupnya. Ketika tawaran untuk debut solo karir di Amerika. Sam Dong harus memilih antara mimpi dan cintanya. Bagi Sam Dong semua tidak ada artinya jika tidak ada Hye Mi disana. “Kamu adalah music bagiku. Jika disana tidak ada kamu, maka tidak aka nada music disana.” Itu adalah kata-kata yang diucapkan Sam Dong. Pilihan yang sama ketika dia harus meninggalkan ibunya untuk bersekolah di Kirin. Walaupun berat, Sam Dong tetap meninggalkan Korea untuk mengejar mimpinya. Dan hasilnya, Dia adalah K. Seorang penyanyi terkenal yang memenangkan Grammy Award.
Sebenarnya apa yang ingin kukatakan? Setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda-beda mengenai hal ini. Dan aku akan mengutarakan pandanganku dari diriku sendiri. Sebenarnya dalam beberapa hal aku adalah Hye Mi. Bukan berarti aku menyamakan diriku seluruhnya dengan Hye Mi atau memang membuat diriku seperti Hye Mi tidak. Hye Mi itu seperti pantulan bayanganku dicermin. Aku berusaha menutupi apa yang sebenarnya terjadi dengan diriku. Aku memang tidak ada masalah dengan keuanganku atau aku punya ambisi untuk menjadi penyanyi klasik, tetapi aku mempunyai konflik yang sama dengan Hye Mi sehingga aku mungkin kehilangan sahabat baikku dan mimpiku. Aku juga bukan seorang yang benar-benar gampang menyatakan aku benar-benar sayang pada seseorang dengan mudah. Tapi setidaknya banyak hal yang kulakukan untuk membuatnya tahu aku peduli padanya. Aku juga bukan seseorang yang mudah mengeluarkan pendapatku secara halus dan dapat diterima dengan banyak orang. Aku kasar, iya. Dan itu yang terjadi padaku. Untuk masalah teman aku adalah Go Hye Mi.
Kemudian Sam Dong. Aku juga tidak mengatakan bahwa aku adalah Sam Dong. Tidak. Seperti yang ku katakan, Aku seperti melihat diriku sendiri pada Sam Dong. Aku mempunyai mimpi yang ku inginkan dari dulu dan ternyata itu tidak mudah untuk dicapainya. Apa yang kulakukan? Ketika aku benar-benar lelah, aku menyerah. Tidak ada yang pernah tahu kapan aku menyerah. Mereka hanya melihatku sebagai orang yang santai tetapi pekerja Keras. Namun, ketika aku menemukan motivatorku, aku kembali bersemangat untuk meraih mimpiku. Aku juga mempunyai kendala yang sama dengan Sam Dong. Perbedaannya Sam Dong bermasalah dengan dirinya sendiri, aku bermasalah dengan lingkunganku. Dia bisa bangkit dan menciptakan ceritanya sendiri. Bahkan ketika dia harus memilih antara cintanya dengan mimpinya. Pada Sam Donglah aku berkaca.
Semua yang kujalani setiap hari tidak lepas dari konflik konflik yang mungkin tidak ada ujungnya. Namun, aku berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya. Untuk saat ini, inspirasi hidupku dan yang terus membuatku merenung adalah kedua karakter itu. Perjalanan kehidupannya memberiku banyak kritikan dan masukan yang positif. Kalau ditanya sedang diposisi siapa aku saat ini, aku akan menjawab keduanya. Disatu sisi aku adalah Go Hye Mi dan disisi lain aku adalah Song Sam Dong.
Ini hanya sebuah pemikiran dari dalam diriku saja. Kalau ditanya lebih baik aku menjadi siapa, aku akan menjawab menjadi diriku sendiri. Itu lebih enak daripada harus menjadi orang lain. Namun, pengalaman hidup tidak harus berasal dari dirimu sendiri. Tetapi juga dari orang lain. Itu sebabnya kita harus mengambil sisi yang positif dari setiap pengalaman agar menjadikan diri kita lebih baik daripada sebelumnya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar